Ternyata Ini Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Health.Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan – Larangan untuk makan dan juga minum sambil berdiri rasanya memang sudah tidak asing lagi bagi kita ya sobat liandhara.!, Karena hal tersebut sudah sangat sering kita dengar. Baik hal itu atas dasar agama ataupun tradisi, gaya makan dan minum sambil berdiri dianggap tidak baik. Namun adakah alasannya dari sisi kesehatan?

Image by: Google
Ternyata ada bahaya yang siap mengincar dari kebiasaan makan dan minum sambil berdiri bagi kesehatan. Sebagaimana dijelaskan oleh Ahli kesehatan bernama dr. Andri Setiawan yang komentarnya pernah dikutip oleh plasadana.com. Dia mengatakan bahwa selain karena alasan sopan santun, ternyata secara medis makan dan juga minum sambil duduk terbukti lebih menyehatkan dibandingkan makan dan minum sambil berdiri. Sebab di dalam tubuh manusia ada sebuah jaringan penyaring atau filter atau yang disebut dengan sfringer, yaitu sebuah struktur maskuler atau berotot yang dapat membuka dan juga menutup.

Makan sambil berdiri menurut kesehatan

Dr. Andri Setiawan  juga mengatakan bahwa air yang kita minum seterusnya akan disalurkan ke dalam pos-pos penyaringan di dalam ginjal. Filter penyaring seperti ini terbuka pada saat kita duduk dan secara otomatis tertutup pada saat berdiri.

Ketika filter tersebut berada dalam posisi yang tertutup, maka air yang kita konsumsi sambil berdiri akan langsung masuk hingga ke dalam kantong kemih tanpa adanya proses penyaringan. Akibatnya, bisa terjadi pengendapan di dalam saluran ureter. Apabila hal tersebut terus terjadi, akan dapat  menyebabkan gangguan pada organ ginjal kita.

Selain itu, dokter yang saat ini praktik di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) itu juga menyebutkan bahwa ketika berdiri, manusia sebenarnya sedang dalam keadaan yang tegang. Keseimbangan pada pusat sarafnyasedang bekerja keras supaya mampu mempertahankan semua bagian otot yang ada pada tubuhnya.
Sebaliknya, ketika berada dalam posisi duduk, saraf sedang dalam keadaan yang tenang serta tidak tegang. Sehingga sistem pencernaan berada dalam keadaan yang siap untuk menerima asupan makanan dan juga minuman.

Dampak negatif lain dari makan dan juga minum sambil berdiri sebagaimana pemaparan dr. Andri adalah refleksi pada saraf. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya reaksi saraf kelana, ini merupakan saraf otak kesepuluh yang cukup banyak tersebar pada berbagai lapisan endotel yang mengelilingi organ usus.

Apabila cukup sering terjadi refleksi secara kencang dan secara tiba-tiba, maka akan bisa menyebabkan disfungsi pada bagian saraf atau vagal inhibition yang sangat parah, sehingga dapat menyebabkan pingsan atau yang lebih parah adalah mati mendadak.

Meskipun dampak negatif makan minum sambil berdiri bagi kesehatan ini dampaknya tidak terjadi dengan instan, namun makan dan minum sebaiknya kita lakukan sambil duduk saja. Karena hal itu pasti akan lebih menyehatkan. Apalagi, 95 persen faktor penyebab luka pada bagian lambung terjadi pada tempat-tempat yang biasa bersentuhan dengan makanan ataupun minuman yang masuk.

Itulah bahaya makan minum sambil berdiri bagi kesehatan. Tidak ada ruginya dan tidak susah juga bukan untuk makan dan minum sambil duduk?

Dikutip dari : http://www.sehatmu.com/2013/12/bahaya-makan-minum-sambil-berdiri-bagi.html

Comments