Printer dan Tinta Apa Yang Bagus Untuk Cetak Id Card?

Tips dan Trik.Sobat liandhara, sering saya baca diforum-forum diskusi online yang membahas tentang printer apa yang bagus untuk cetak id card dan tinta jenis apa yang cocok untuk mencetak id card?Namun sedikit sekali yang memberikan jawaban, bilapun ada, jawabannya tidak memuaskan dan tidak berdasarkan pengalaman, namun hanya sebatas kira2 tanpa mempraktekkannya terlebih dahulu.

Melalui artikel singkat ini akan coba liandhara jelaskan tentang printer apa yang bagus untuk cetak id card serta jenis tinta apa yang cocok untuk cetak id card? Sebetulnya yang diharapkan adalah : Agar id card yang dihasilkan warnanya tidak pudar, tintanya tidak mbeler, dan gambarnya tajam serta tahan lama, itulah tujuan dari artikel yang liandhara tulis kali ini.

Untuk menghasilkan cetakan id card yang tajam, bagus dan awet itu banyak faktor yang menentukan, diantaranya adalah pemilihan jenis printer,dan jenis tintanya.

Pemilihan Jenis Printer yang Bagus Untuk Cetak Id Card

Ada 2 jenis printer untuk mencetak id card, yakni printer jenis InkJet dan printer jenis laser.Keduanya nemiliki keunggulannya masing2. Printer inkjet adalah printer yang paling banyak digunakan, namun hanya printer merk epson yang hasilnya bagus untuk cetak id card, itu karena epson adalah printer yang paling mudah dimodifikasi, warna yang dihasilkan sangat tajam meskipun ukuran font yang sangat kecil, printer epson mampu mencetaknya secara baik, teknologi dura bryt yang tertanam di headnya sangat bermanfaat sekali.

Sedangkan printer laser lebih unggul dari printer jenis inkjet, namun harganya juga cukup mahal serta bahan kertas PVC untuk mencetak id cardnya juga beda dengan bahan id card untuk printer inkjet, dan harganya juga lebih mahal.

Jenis Tinta Yang Bagus Untuk Cetak Id Card

Sedangkan untuk jenis tinta, pilihan tinta art paper lebih bagus dan tahan lama hasilnya dibanding tinta dye seperti tinta bawaan printer, dan hendaknya pada saat pertama kali beli printer, tintanya langsung ganti dg tints art paper, karena tinta bawaan printer umumnya bila dipakai untuk cetak id card maka hasilnya tidak awet dan lama kelamaan akan luntur, sedangkan tinta art paper akan tahan lama dan tahan luntur hingga belasan tahun.Pilihan lainnya adalah tinta jenis pigment, hampir mirip dengan tinta art paper, namun tinta pigmen cenderung merusak head printer karena lebih kental tintanya hingga menyebabkan lubang pada head jadi cepat mampet, sobat tahu kan harga head epson kalau rusak?

Sumber : Printer Epson L120

Comments

  1. Makasih pencerahannya gan, sy baru2 ini buka usaha percetakan dan masih bingung tinta apa yg bagus untuk id card

    ReplyDelete

Post a Comment