Manfaat Ziarah Kubur Ke Makam Leluhur

Religi-Haloo sahabat liandharaamanda.! Pada artikel yang bertemakan religi ini perkenankan liandhara berbagi sedikit mengenai pentingnya ziarah kubur, manfaat ziarah kubur serta landasan hukum dalam menjalankan syariat yang mengingatkan kita pada kematian ini.

Sebagian ummat muslim beranggapan bahwa ziarah kubur hanya sebatas tradisi turun temurun saja tanpa makna dan arti yang sesungguhnya dari tujuan ziarah kubur itu sendiri.Padahal ziarah kubur yang disyariatkan oleh Rasulullah SAW ini tersirat makna yang sangat penting sekali terutama bagi yang diziarahi dan peziarah itu sendiri.
Saat ziarah ke Makam Nenek

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

".....Berziarah-kuburlah, karena ia dapat mengingatkan engkau pada kematian"

Manfaat ziarah kubur bagi kita dan yang diziarahi adalah:

1. Manfaat ziarah kubur bagi kita yang masih hidup tentu adalah untuk mengingatkan kita kepada kematian, mengingatkan kita bahwa hidup ini hanyalah sementara, semua yang kita kejar, semua obsesi yang kita sangat ambisius untuk menggapainya hanya berakhir ditanah kuburan, tidak ada yang bisa kita bawa selain Amal jariyah, anak yang sholeh dan sholeha, serta ilmu yang bermanfaat untuk dunia dan akherat.
Saat ziarah ke Makam Nenek

2. Manfaat Ziarah kubur bagi si mayit (Almarhum dan Almarhumah kita) adalah do'a, doa dari anak atau keturunannya lebih utama ketimbang do'a yang dipanjatkan oleh "tukang do'a bayaran".Oleh karena itu sangat penting terutama bagi orang tua untuk mendidik anaknya dengan ilmu agama dan mengajarkannya sedini mungkin untuk membiasakan diri berziarah ke makam leluhur atau nenek moyang.
Saat ziarah ke Makam Nenek

Selain untuk mengingatkan kita kepada kematian serta untuk mendo'akan bagi yang diziarahi, tentu sangat banyak sekali manfaat ziarah kubur lainnya yang tidak liandhara sebutkan.Intinya secara garis besar sesuai sabda Rasulullah SAW.Wallahu A'alam.

Comments