Ini Alasan Mengapa Stasiun Tambun Berbeda Dengan Stasiun Lainnya

Opini.Yang sering naik kereta lokal atau commuter line dari stasiun tambun pasti sering bertanya-tanya kok stasiunnya begini ya? Lahannya luas tapi kok bangunannya? Ruang PPKA'nya kok jadul banget ya? Kok peronnya gak ada atapnya? Nyebrang antar peronnya susah dan beresiko bahaya lagi,sedangkan stasiun yang melayani krl lainnya sudah modern semua, ya paling enggak dari segi keamanan dan kenyamanan penumpang lah diperhatikan.!
Gambar nyomot dari kompas.com
Itulah beberapa "nyinyiran" atau kesan sebagian penumpang yang pernah bahkan rutin naik kereta "lokalan" maupun KRL dari stasiun tambun, lalu mengapa demikian? Ya mengapa stasiun tambun kok gak dimodernisasikan seperti stasiun cikarang, stasiun bekasi timur, dan stasiun cibitung yang secara pengoperasiannya sama-sama melayanu KRL, jangan sembarangan lhoo... Stasiun tambun ini merupakan stasiun paling sibuk ditimur jakarta, punya empat jalur aktif yang saban harinya dipakai untuk berhenti dan dilintasi keretaapi baik comuter, kereta lokal purwakarta dan kereta jarak jauh, orang gak ada yang bisa pulang ke jawa kalau stasiun tambun ini lumpuh.

Pemerintah daerah setempat sampai-sampai rela membangun underpass dengan nilai yang fantastis demi aktifitas distasiun tambun ini tidak terganggu oleh lalu-lalang kendaraan yang melintasi rel yang berada dekat dengan stasiun tambun.

Lantas mengapa stasiun yang sedemikian penting dan vitalnya tidak juga dibangun semegah stasiun cikarang yang notabene adalah stasiun tetangganya dan sama2 punya akar sejarah yang tidak mungkin begitu saja dihilangkan.Mengapa stasiun tambun sangat-sangat berbeda dengan stasiun bekasi timur, padahal yang naik dan turun distasiun tambun lebih banyak dan membludak dibanding stasiun bekasi timur.Mengapaaaa..???

Alasannya adalah: Stasiun tambun merupakan stasiun bersejarah yang mana dalam pembangunannya tidak bisa sembarangan.Sebagaimana yang liandhara baca disitus kompas.com bahwa Humas dirjen perkeretaapian kemenhub Joice Hutajulu mengatakan bahwa distasiun tambun tidak boleh sembarang dibangun karena merupakan cagar budaya, lebih lanjut beliau mengatakan " Kami ada permasalahan perijinan , karena kami enggak boleh srmbarangan mentreatment stasiun tambun.Stasiun tersebut sudah ditetapkan sebagai cagar budaya."

Kalau sudah begitu jawabannya, mau apalagi? Ya dinikmati saja kondisi stasiun seperti apa adanya.!

Artikel ini sangat sayang kalau dilewatkan : Pengalaman Naik Keretaapi dari Stasiun Kebumen

Comments