Cara Membuat Ayam Kentucky Renyah dan Keriting

Kuliner.Resep cara bikin ayam goreng kentucky renyah, crispy dan keriting ini wajib sobat liandhara coba, sangat mudah kok membuat ayam goreng kentucky renyah dan keriting itu.Monggoo disimak resepnya:

Cara bikin ayam goreng kentucky renyah dan keriting

Ilustrasi
Cara Membumbui (Disebut proses marinasi)

1. Siapkan ayam broiler segar, potong bagian-bagiannya dan cuci hingga bersih lalu tiriskan.
2. Siapkan bumbu masako rasa ayam, serbuk lada dan tambahkan garam secukupnya, jangan lupa tambahkan serbuk bawang putih 1 sendok teh serta serbuk cabai merah 1 sendok teh, semua bumbu tersebut ditaburkan kepotongan ayam yang telah dicuci dan ditiriskan tadi kedalam baskom.
3. Jangan lupa aduk dan remas2 dengan tangan agar semua bumbu menutupi daging ayam hingga tidak ada yang tidak tertutupi.
4. Setelah itu ambil plastik bening ukuran 1kg dan masukkan potongan ayam yang telah dibumbui tersebut, kemudian diikat rapat.
5. Masukkan potongan ayam yang telah dibumbui dan dibungkus plastik tersebut kedalam freezer kulkas, tunggu hingga 15 menit, namun semakin lama akan semakin bagus, proses ini dinamakan Marinasi, dengan harapan agar bumbu-bumbunya bisa meresap kedalam daging hingga tulang, maka jangan heran bila sobat liandhara makan ayam kentucky yang rasa bumbunya bisa meresap ketulang dan daging terdalam, maka inilah rahasianya.

Cara Menggoreng

Untuk menghasilkan kentucky yang renyah itu ada triknya dan tidak boleh asal goreng, dan disinilah kunci kentucky yang renyah dan keriting.

1. Keluarkan ayam dari lemari pendingin atau freezer
2. Siapkan 2kg tepung terigu merk apa saja, dan taruh dibaskom yang agak besar, berikan 2 bungkus masako rasa ayam, aduk tepung hingga rata, jangan dikasih air ,, ingat jangan dikasih air ya sobat liandhara.!
3. Siapkan wajan penggorengan, usahakan minyaknya banyak ya sobat agar semua terendam minyak saat digoreng.
4. Tunggu minyaknya hingga benar-benar panas ya sobat
5. Jika dirasa minyak sudah panas, ambil sepotong ayam lalu masukkan kedalam tepung yang dibaskom tadi sambil diremas-remas hingga semuanya tertutupi tepung kering, setelah itu masukkan kedalam minyak panas hingga terendam,(lakukan terus hingga potongan ayam berikutnya hingga habis atau seperlunya saja) tunggu hingga keriting dan terigunya menguning, diperkirakan membutuhkan waktu 5 hingga 7 menit untuk sekali menggoreng.
6. Jika dirasa hasil gorengan telah keriting dan warnanya kuning kecoklatan, maka angkat dan tiriskanlah agar minyak tidak mengendap didalam tepung.Untuk hasil maksimal gunakan tisue untuk penyerap minyak.
7. Taraaa,,, hasil kentucky yang renyah dan keriting siap dihidangkan.

Demikian resep membuat ayam kentucky yang keriting dan renyah ala dapur liandhara.Resep ini bukanlah hasil copas (Copy Paste) ya sobat, tapi ini resep dari ayah liandhara yang pernah berjualan ayam goreng kentucky.

Selamat berkreasi.!

Comments